Driver motor - L298

Klik Disini Untuk Melihat Gambar
Auto Motor dipakai untuk menjalankan auto current sensing dari driver motor (sebagai pengaman), jika dinyalakan maka motor akan berhenti sendiri jika ada arus yang bekerja pada motor lebih dari 3A sehingga driver dan motor terlndungi.

Komponen FR301 tidak wajib diberikan, jika motor memakai arus yang lebih kecil dari 2A, maka disarankan memakai dioda seperti 1N1504 atau sejenisnya, 1N4008 atau variannya hanya digunakan jika motor yang dijalankan kurang dari 1 A. (Gunakan saja 1N5822)

Tegangan catu daya pada VS dapat bervariasi dari 9V sampai 42 V. Untuk tegangan lebih besar dari 12V sangat disarankan untuk memakai heatsink.Tegangan VSS yang digunakan adalah 5V.

Pengontrolan driver tidak menggunakan tegangan analog akan tetapi PWM digital.

PWM yang diberikan untuk menjalankan motor dapat bervariasi dari 30Hz sampai 4KHz ( tergantung dari jenis motor DC yang digunakan ). Cari PWM yang sesuai dengan motor DC yang digunakan karena jika salah maka driver akan terlalu panas atau motor DC yang digunakan tidak akan bereaksi dengan PWM yang diberikan, jangan lupa hitung Duty Cyclenya.

Transistor BC547 dapat diganti dengan transistor tipe NPN lain selama range tegangannya seusai dengan tegangan dari VS.
Share:

3 komentar:

dwina.net mengatakan...

makasih infonya
nambah pengetahuan nih

PONDOK DAUD mengatakan...

thanx infonya sob
ane anak menatro juga :)
salam kenal
ijin follow sekalian :)

Unknown mengatakan...

Mante infone gan! oh ya izin follow boz, kalau berkenan monggo difollow balik!thanks

Support

Friends